Image of Cooperative Learning

Text

Cooperative Learning



Cooperative learning didefinisikan sebagai sekelompok kecil pembelajar yang bekerja sama menyelesaikan masalah, merampungkan tugas, atau menyelesaikan suatu tujuan bersama (Artz & Newman, 1990). Model pembelajaran kooperatif mengharuskan siswa untuk bekerja sama dan saling bergantung secara positif antar satu sama lain dalam konteks struktur tugas, struktur tujuan, dan struktur reward. Gagasan dibalik pembelajaran ini adalah bagaimana materi pelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat bekerja sama untuk mencapai sasaran-sasaran pembelajaran.

Sejauh ini, tulisan-tulisan di Indonesia tentang pembelajaran kooperatif masih belum menjamah pada hal-hal yang bersifat teknis dan praktis, sperti pengembangan staf dan studi-studi aplikatif tentangnya. Tulisan-tulisan yang ada lebih banyak menawarkan teori dan metode, tanpa didukung oleh tahap-tahap langkah demi langkah bagaimana menerapkan pembelajaran kooperatif di ruang kelas. Akhirnya, pembelajaran ini dimaknai dengan salah kaprah yang pada akhirnya pula membuat penerapannya seringkali tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Buku ini merupakan aikhtiar untuk memberikan solusi atas permasalahan di atas.


Ketersediaan

162/S/2012/cop2370RUANG BACA FKIP INDRALAYATersedia - Indonesia
61/S/2013370RUANG BACA FKIP INDRALAYATersedia - Indonesia
164/2012370RUANG BACA FKIP INDRALAYATersedia - Indonesia
7900002S370Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
370
Penerbit Pustaka Belajar : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xxiv,430hlm.;21cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-602-9033-86-1
Klasifikasi
370
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
Cet. 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this