Detail Cantuman
Advanced SearchText
Cooperative Learning
Cooperative learning didefinisikan sebagai sekelompok kecil pembelajar yang bekerja sama menyelesaikan masalah, merampungkan tugas, atau menyelesaikan suatu tujuan bersama (Artz & Newman, 1990). Model pembelajaran kooperatif mengharuskan siswa untuk bekerja sama dan saling bergantung secara positif antar satu sama lain dalam konteks struktur tugas, struktur tujuan, dan struktur reward. Gagasan dibalik pembelajaran ini adalah bagaimana materi pelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat bekerja sama untuk mencapai sasaran-sasaran pembelajaran.
Sejauh ini, tulisan-tulisan di Indonesia tentang pembelajaran kooperatif masih belum menjamah pada hal-hal yang bersifat teknis dan praktis, sperti pengembangan staf dan studi-studi aplikatif tentangnya. Tulisan-tulisan yang ada lebih banyak menawarkan teori dan metode, tanpa didukung oleh tahap-tahap langkah demi langkah bagaimana menerapkan pembelajaran kooperatif di ruang kelas. Akhirnya, pembelajaran ini dimaknai dengan salah kaprah yang pada akhirnya pula membuat penerapannya seringkali tidak sesuai dengan apa yang seharusnya. Buku ini merupakan aikhtiar untuk memberikan solusi atas permasalahan di atas.
Ketersediaan
162/S/2012/cop2 | 370 | RUANG BACA FKIP INDRALAYA | Tersedia - Indonesia |
61/S/2013 | 370 | RUANG BACA FKIP INDRALAYA | Tersedia - Indonesia |
164/2012 | 370 | RUANG BACA FKIP INDRALAYA | Tersedia - Indonesia |
7900002S | 370 | Tersedia |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
370
|
Penerbit | Pustaka Belajar : Yogyakarta., 2011 |
Deskripsi Fisik |
xxiv,430hlm.;21cm
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
978-602-9033-86-1
|
Klasifikasi |
370
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
Cet. 1
|
Subyek | |
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain