Image of PENGARUH METODE GUIDE READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 PALEMBANG

Text

PENGARUH METODE GUIDE READING TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 18 PALEMBANG



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode GR Guide Reading terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang. Metode penelitan yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Peneliti menggunakan purposive sampling dalam menentukan sampel. Sampel penelitian berjumlah 60 siswa dengan rincian 30 siswa kelas VIII.I sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman menggunakan metode Guide Reading dan 30 siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman dengan metode konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengolahan data menggunakan perhitungan uji-t dengan program SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan hasil tes antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai rata-rata tes awal kelas eksperimen 64,47 dan kelas kontrol 60,70. Nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen 81,93 dan kelas kontrol 70,80. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang pada kelas eksperimen. Hasil perhitungan dengan uji-t membuktikan bahwa nilai thitung > ttabel = 4,917 > 1,672 dengan df = 58 pada tingkat keberhasilan 95% ( = 0,05). Dengan demikian, Ha yang menyatakan ―Ada perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan metode Guide Reading dengan siswa yang diajar menggunakan metode konvensional‖ dapat diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa metode Guide Reading berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Palembang.


Ketersediaan

06111002040390 BK 2016KOLEKSI KHUSUS RUANG BACA FKIP INDRALAYATersedia - Indonesia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
390 BK 2016
Penerbit FKIP UNSRI : Indralaya.,
Deskripsi Fisik
xvi, 59 hlm,; 29 cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
390 BK 2016
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
computer disc
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
PDF
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this